mari kita syi'arkan Islam dengan kaligrafi
menuju kejayaan ummat yang abadi

Senin, 08 Desember 2008

Hati-hati Kaligrafi Kristiani
Banyak umat islam yang menyukai kaligrafi dipakai sebagai hiasan dirumah-rumah mereka berupa kaligrafi Allah, Muhammad, Basmalah, ayat Kursi, surat Al-Fatihah, dsb.. Tapi bila anda ingin menggunakan kaligrafi anda harus berhati-hati. Banyak kaligrafi yang sebenarnya bukanlah kaligrafi islam tetapi kaligrafi kristiani misalnya kaligrafi seperti dibawah ini :

Kaligrafi dengan tulisan ABANA yang artinya “Bapak Kami”. Dalam teologi kritiani berati Tuhan Bapak. Apabila diteliti bacaan lengkapnya adalah abana alladzi fis-samawati… dst. Kalau ada yang hafal Al-Quran tanyakanlah ayat tersebut terdapata pada surat apa? Pasti jawabnya tidak ada ayat itu dalam Al-Quran. Memang benar kalimat diatas bukan berasal dari Al-Quran, tetapi berasal dari Bible atau Injil Matius pasal 6 ayat 9-13…
Menurut cerita kaligrafi ini banyak dijual di Indonesia. Berari berapa banyak rumah-rumah muslim yang tidak faham dihiasi dengan ayat-ayat Injil.

Kemudian perhatikan kaligrafi yang berikut :

Selintas seperti cover dari buku yasin. Tapi bila diperhatikan ayat yang tertulis adalah ayat yang berasal dari Injil Mat
ius 5 : 44 - 45 yang artinya “Cintailah musuh-musuh kalian dan berkahilah orang yang mencela kalian, berbuat baiklah kepada orang yang memusuhi engkau, dan sambunglah silahturahim kepada orang-orang yang berbuat jelek kepada engkau dan orang-orang yang mengusir engkau agar menjadi anak-anak bapak kamu yang ada di surga.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow! Ini pernah saya bahas di posting Panduan Kaligrafi. Memang, agaknya perlu diilmuni ketika membeli produk kaligarfi. Bagaimana bacaannya? Tidak asal beli. Mengenai, "penyusupan" produk kristiani dalam kaligrafi, saya rasa tidak perlu ditanggapi dengan gusar. Ini karena kaligrafi bukanlah dominasi sebuah agama. Orang arab yang bukan islam pun menulis dengan arab. Bukan begitu? Mari kita diskusi bersama di Panduan Kaligrafi.

Saya dulu juga anggota Asskar lho! ;)

Mustaghis mengatakan...

--'
jangan gede2in pencegahan penyusupannya donk!.. pinterin aja umat muslimnya.. justru jauh lebih efektif!. jangan terlalu mempermasalahkan orang lain!. bentengi dirimu!. saya sebagai muslim, malu melihat komen di atas sy yg sangat 'aku'!.

Lemka mengatakan...

alhamdulillah.senang bs mampir di blog ini.
namun sayangny kasus kaligrafi kristen in sdh sngat lama jauh2 hari.

menulis kaligrafi arab bukanlah hak orng islam sepenuhnya. orang arab lain yg beragama kristen pun boleh menulis kaligrafi arab.karena memang itu tulisan nasional mereka

syamsul mengatakan...

silahkan cek info kaligrafi disni

Posting Komentar

Pengurus Asskar 2007-2008

Pengurus Asskar 2007-2008

In Memorian Study Banding ke Gontor, 21-22 November 2008

Template by : kendhin x-template.blogspot.com