mari kita syi'arkan Islam dengan kaligrafi
menuju kejayaan ummat yang abadi

Selasa, 04 Mei 2010

SEJARAH BERDIRINYA ASSKAR

Pada menjelang Ramadhan tahun 1990, Ali Musthofa pulang dari Pondok Modern Gontor, liburan akhir tahun. Ia saat itu masih duduk di kelas III intensif, atau baru dua tahun nyantri di Gontor. Ia merasakan ada yang kurang di Ponpes Attanwir ini, terutama penggalian potensi berkesenian pada para santri.
Pada saat masuk Ramadhan, ia membuka kursus kaligrafi/ menulis khot dengan peserta dari kelas V yang saat itu mengikuti program pondok romadhon. Untuk menarik minat calon peserta, ia membuat sendiri mading seukuran triplek. Pada pendaftaran peserta pertama itu terdaftar sekitar 50 peserta, putra putri. Kemudian diajar secara klasikal setiap hari jam 10.30-11.30 wib.
Nama yang di rencanakan waktu itu adalah Asskar (Assosiasi kaligrafer attanwir) dan Pessat (Pecinta seni santri attanwir). Akhirnya Musthofa menentukan nama Asskar, serta membuat kaos dengan tulisan tangan “Asskar” di depan. Membuat dan menjual kartu lebaran. Tempat work shop waktu di ruang pondok utara masjid.
Menjelang libur hari raya, dibentuklah kepengurusan pertama serta pembuatan mading yang pertama kalinya. Pengurusnya untuk periode pertama adalah:

Pembimbing
Ust. Ahmad Fuad Sahal
Ali Musthofa Hammam
Ketua
Muhajir, Kalitidu
Siti Kumala, Kalitidu
Sekertaris
Ahmad Suntarip, Banjaranyar
Siti Nur Atiqoh, Caruban
Bendahara
Bunari, Jatigede
Siti Muslihah, Kalitidu

Pada Syawwal tahun 1990, Ali Musthofa kembali ke Gontor, organisasi di jalankan oleh pengurus.
1995-1997, Masa kejayaan Asskar tahun
1995, awal mula di wajibkan note book untuk para anggota
1996, awal mula adanya art gallery, di rumah Mbah Tohiroh, belakang pondok putri, beberapa kali ikut pameran Agustusan di Sumberrejo dan Bourno. Pameran paling jauh di Sidoarjo.
2002, Masa berduka,
Para pengurus Asskar yang menjadi pantia Haul KH. Sholeh, waktu pagi saat hendak mengambil beberapa dus air mineral, dengan menggunakan becak. Tiba-tiba dari arah belakang ada mobil boks yang oleng dan menabrak becak yang dinaiki para pengurus ini. Meniggal seketika 2 pengurus. Luka-luka parah 3 orang. Selamat 1 orang, Hafidz, Gumelem, ketua waktu itu.
2007-2008, Masa Studi Banding Paling Jauh
Periode M. Ismail, studi banding ke Gontor, Jogja dan Jakarta.
2009-2010, Masa kebangkitan Asskar baru.
Ditandai dengan, studi banding ke Gontor, pembagian 5 divisi yaitu : Divisi Kaligrafi, Letter, Lukis, Teater, dan Kerajinan Tangan. perombakan sistem. Serta perubahan logo.

1 komentar:

Mahrus Wong Awam mengatakan...

salam ASSKAR...
Galeri di-rumah mbah-Rah sudah sejak 1994.
Semoga Mbah-Rah mendapat banyak kebaikan ...
www.attanwir94.blogspot.com

Posting Komentar

Pengurus Asskar 2007-2008

Pengurus Asskar 2007-2008

In Memorian Study Banding ke Gontor, 21-22 November 2008

Template by : kendhin x-template.blogspot.com